Apa Itu Magma ?

Apa Itu Magma ?

Baiklah kali ini Selalu Ada akan menshare apakah magma itu. Sebenarnya saya sendiri belum tahu magma itu apa. Tapi Selalu Ada berusaha semaksimal mungkin akan memberikan rinciannya yang terbaik buat para pembaca.

Baiklah langsung saja kita simak rincian nya.

APAKAH MAGMA ITU?



Di dalam bumi kita sangatlah panas, seperti di dalam api neraka. Eh, kenapa keneraka, kaya sudah pernah masuk neraka saja. Oke kembali lagi ke pokok masalah. Panas yang sangat hebat itu mencairkan sebagian material batuan ya
ng ada disana dan menjadikannya batu cair. Batu cair ini terletak di kantung bawah tanah yang sangat besar. Batu cair inilah yang di sebut dengan magma.


Magma lebih ringan di bandingkan dengan batu yang keras dan dingin yang ada di sekelilingnya. Jadi perlahan-lahan menekan keatas dengan tekanan batu di sekitarnya. Di banyak tempat, magma tidak pernah mencapai permukaan, tapi perlahan-lahan mendingin dan mengeras di bawah tanah.

Membutuhkan waktu ribuan tahun bagi magma untuk mengeras menjadi batu. Di tempat lain, batuan yang keras dan dingin di permukaan tanah tidak dapat menahan tekanan magma yang ada di bawahnya. Batuan itu merekah dan magma keluar di sepanjang retakan itu.

Magma biasanya mulai mendingin ketika masih tertekan ke atas. Saat magma perlahan-lahan naik, mineral tertentu akan menjadi kristal besar lebih cepat dari pada mineral lainnya. Kristal ini mengapung di dalam magma. Ketika magma mencapai ke permukaan bumi, batu cair akan berubah menjadi padat dalam waktu singkat. Kristal besar yang terbawa di dalam cairan membeku menjadi batuan butiran halus lava. Seluruh batu yang terbentuk dari banyak kristal besar yang menyatu dalam batuan butiran halus, seperti basalt. Batu yang seperti itu di sebut profiri. Batu itu sangat menarik bila di asah dan batu ini sering di gunakan untuh bahan bangunan.

Baik lah cukup sekian dulu dari saya dan terimakasih, bila terdapat kekurangan saya mohon komentarnya dari anda.


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top